Main Menu

5 Hal Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Antibodi Tubuh

BERITA KESEHATAN – Menurut Susan Blum, MD, penulis The Immune Sistem Recovery Rencana, pendiri serta direktur Blum Center for Health, begitu utama untuk kita untuk hindari beberapa hal yang bisa mengakibatkan kerusakan usus serta system pencernaan.

Lantaran, system pencernaan yang terganggu bakal membahayakan system kekebalan badan keseluruhannya. Berikut lima rutinitas yang bisa merugikan pencernaan hingga mengakibatkan kerusakan juga kekebalan badan Anda.

1. Konsumsi obat antasida
Antasida, terlebih type yang kuat, mempunyai dampak negatif pada system kekebalan badan. Blum menerangkan kalau sebagian antasida, berbentuk menyerap asam. Type lain yang lebih kuat yang dimaksud proton-pump inhibitors (PPI) bisa merubah pH perut Anda, yang semestinya begitu asam untuk mensterilkan semuanya makanan yang Anda makan. Saat perut tak dapat mensterilkan makanan dengan benar, badan bakal gampang infeksi.

Satu studi Mayo Clinic temukan kalau orang yang dengan teratur konsumsi PPI mempunyai lebih sedikit keragaman bakteri usus serta ini tingkatkan resiko penyakit seperti infeksi Clostridium difficile serta pneumonia.

Apa yang perlu dikerjakan : Blum memperingatkan supaya mengkonsumsi antasida mesti berjarak tiga bln. dari mengkonsumsi terlebih dulu. Jauhi makanan yang yang bisa menyebabkan asam refluks.

2. Anda konsumsi obat pereda nyeri
Terkecuali antasid, Blum menyampaikan kalau sebagian obat nyeri seperti steroid serta NSAID bisa mengakibatkan kerusakan susunan usus serta mengakibatkan sindrom usus bocor, yang ditandai dengan penambahan permeabilitas usus. Mengakibatkan, infeksi serta partikel makanan bikin jalan lewat dinding usus serta masuk ke badan Anda. Alhasil, system kekebalan badan alami penurunan.

Apa yang perlu dikerjakan : Janganlah memakai obat pereda nyeri sehari-hari atau dengan cara teratur umpamanya sekian kali satu minggu.

3. Anda tengah konsumsi antibiotik
Antibiotik dapat juga berperan melemahkan system kekebalan badan, kata Shilpi Agarwal, MD, dokter integratif serta holistik obat dokter.

Wanita, lantaran lebih rawan menanggung derita penyakit infeksi, seperti infeksi saluran kemih, yang kerap diobati dengan antibiotik, mempunyai resiko penurunan system imun lebih tinggi.

Antiibiotik bisa membunuh bakteri baik di pencernaan. Bila pencernaan tak sehat jadi kekebalan badan bakal terganggu.

Apa yang perlu dikerjakan : Bila Anda kerap infeksi. serta memakai antibiotik, konsultasilah dengan dokter tentang alternatif penyembuhan yang lain. Umpamanya, vitamin C yang bermanfaat memberi keasaman urin. hingga tak gampang terserang bakteri.

4. Anda kecanduan alkohol
Hoby minuman keras bisa menghimpit produksi sumsum tulang dari beberapa sel darah merah serta putih, kata Agarwal. Hal semacam ini bisa merugikan system kekebalan badan Anda.

Apa yang perlu dikerjakan : bukanlah bermakna Anda tak bisa minum alkohol sesekali. Pada acara-acara spesial seperti lagi th., silahkan saja asal tak melebihi dua ukuran dalam satu hari itu

5. Anda kerap melancong
Agarwal lihat beberapa wanita yang melancong alami penurunan system kekebalan badan. Argumen intinya, mereka kerap terserang kuman serta polutan asing yang mungkin saja ada di pesawat serta di hotel. Diluar itu, tak memperoleh istirahat yang cukup serta makan jadi tak teratur.

Apa yang perlu dikerjakan : Pertahankan sebanyak-banyaknya kebiasaan sepanjang ada ditempat asing. Yakinkan untuk olahraga sepanjang sekurang-kurangnya 15 hingga 20 menit satu hari.






Comments are Closed