Main Menu

Ampuhkah Atasi Cedera Kaki Dengan Menggunakan Es Batu?

Ampuhkah Atas Cedera Kaki Dengan Menggunakan Es Batu?

Berita Kesehatan – Berita Kesehatan, Nah tanpa kamu sadari tentunya, kamu pasti akan sering melihat bahwa ketika seseorang mengalami cedera, maka langkah termudah untuk bisa meredakan nyeri yang terjadi yaitu dengan menempelkan es batu di atasnya. Namun tahukah kamu mengapa pemberian es batu perlu dilakukan? Lalu bagaimana dengan cara kerjanya?

Okay mari kita simak sejenak mengenai penjelasannya, Berdasarkan penelitian yang dilansir dari laman kesehatan, adapun suhu dingin es yang bekerja dalam membatasi sirkulasi darah ke area yang sakit sehingga dapat mengurangi peradangan serta pembengkakan yang terjadi. Alhasil suhu dinginnya diketahui dapat mematikan rasa nyeri untuk beberapa waktu sementara.

Meskipun demikian, walaupun memiliki manfaat tersebut, tentunya mengobati cedera dengan es batu pada dasarnya tidak baik untuk penyembuhan luka. Mengapa demikian?

“Dengan adanya peradangan yang terjadi ketika cedera dianggap sebagai salah satu hal yang buruk karena adanya rasa sakit dan juga kulit yang membiru. Namun nyatanya, peradangan adalah langkah awal dari proses penyembuhan luka yang sedang berlangsung yang mana untuk bisa memperbaiki jaringan, peradangan perlu untuk dilakukan. Nah, apabila peradangan berhenti, maka proses dari penyembuhan luka juga bisa berhenti,” ungkap para peneliti.

“Selain dengan adnaya dampak tersebut, es juga dikatakan dapat mengganggu aliran cairan limfatik yang mana bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Es pun nantinya akan mengurangi koordinasi, kecepatan, serta kekuatan otot tertentu. Sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan terjadi perlambatan gerakan.”

“Maka, meskipun kamu mengalami peradangan dan bengkak saat cedera, maka hal tersebut tentunya normal terjadi. Peradangan akan membuat sel-sel menjadi aktif kembali untuk bisa menyembuhkan luka. Hal awal seperti penggunaan es batu hanya dalam situasi darurat bila diperlukan saja.






Comments are Closed