Benarkah Mengunyah Permen Karet Membuat Otak Melemah Dan Bodoh?

Benarkah Mengunyah Permen Karet Membuat Otak Melemah Dan Bodoh?

Berita Kesehatan – Berita Kesehatan, Bila anda merupakan salah satunya yang menyukai jenis permen karet, maka anda perlu mengetahui jelas, apakah mengunyah permen karet itu baik? Tidak sedikit mungkin dari anda akan berpikir untuk mengunyah permen karet sebagai bentuk dari bantuan dalam halnya berkonsentrasi. Akan tetapi mungkin kini anda perlu untuk berpikir ulang, pasalnya saat ini dari penelitian terbaru yang ada telah diungkapkan bila mengunyah permen karet dapat mengacaukan yang namanya memori jangka pendek Anda dan muatan informasi ini juga telah dilangsir di laman Gizmodo.

Hasil studi terbaru yang dilakukan saat ini tepatnya di Universitas Cardiff di Inggris. Telah diambil pengelompokan yakni adanya peserta yang dibagi ke dalam dua kelompok. Di salah satu sisi kelompok dipersilahkan untuk mengunyah permen karet dan yang lainnya tidak. Lalu kemudian mereka kemudian ditantang untuk melakukan tes memori jangka pendek. Dan tepatnya, mereka berusaha untuk disuruh mengingat daftar kata-kata dan nomor dalam urutan tertentu saat melihat ataupun mendengarnya. Dan para peserta juga harus mengidentifikasi barang yang hilang dari sebuah daftar yang telah mereka baca sebelumnya.

Dari uji coba yang telah dilakukan tersebut, pihak peneliti menemukan adanya hasil berupa dibagian sisi yang mengunyah permen karet ternyata memberikan adanya efek yaitu merusak kemampuan kita untuk mengingat kembali item dalam urutan yang benar dan juga dapat membuat kita tidak bisa menghafal barang yang hilang dari daftar yang sudah disediakan. Mesikpun sebelumnya, dulu sempat ada pihak peneliti lain yang telah menyarankan untuk mengunyah permen karet dalam rangka memperlancar aliran darah ke otak sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif. Akan tetapi, tampaknya para peneliti dari Cardiff memiliki teori yang berbeda akan hal tersebut.

Bila anda mencoba untuk menghafal nomor telepon sambil kemudian menekan jari Anda, maka Anda akan merasa jauh lebih sulit dibandingkan bila anda tidak menekannya. Dan kemudian para peneliti dari Cardiff juga menemukan masalah yang sama pada yang namanya kegiatan dalam mengunyah permen karet. Bahkan, mereka juga melakukan percobaan yaitu adanya beberapa percobaan lain dengan menemukan bahwa mengunyah sebenarnya dapat mengganggu memori jangka pendek. Untuk jenis penelitian terbaru ini diterbitkan di The Quarterly Journal of Experimental Psychology.

Pastinya kita akan sering menemukan pro-kontra dalam yang namanya ilmu pengetahuan. Itu hal yang umum terjadi. Seperti yang diketahui untuk manfaat dari mengunyah permen karet juga dapat memelihara kesehatan mulut. Namun, akan jauh lebih baik bila anda tidak terlalu sering dalam mengunyah permen karet ya. Sesuatu yang berlebihan akan tidak baik bagi kesehatan tubuh yang ada.






asdasda