Ups! Waspadai Bahaya Mengintai Dibalik Nasi Sisa Yang Dipanaskan

Ups! Waspadai Bahaya Mengintai Dibalik Nasi Sisa Yang Dipanaskan

Berita Kesehatan – Berita Kesehatan, Pada umumnya tidak akan ditampik lagi apabila sebagian dari orang awam memiliki kebiasaan dalam menyimpan makanan sisa atau yang tidak habis dikonsumsi. Selain itu makanan tersebut sering kali kita hangatkan kembali dan kemudian dikonsumsi keesokan harinya.

Namun faktanya dengan adanya kebiasaan tersebut ternyata sangat berdampak buruk bagi kesehatan kita loh. Namun didalam sebuah studi baru-baru ini telah mengungkapkan bahwa dengan memakan nasi sisa kemarin sebenarnya samgat tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Seperti yang dilangsir dari Elitereaders, pada Senin (06/11/2017), dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh NHS, diketahui bahwa dengan mengkonsumsi nasi dari sisa sebenarnya malah dapat memicu dampak yang buruk seperti misalnya keracunan makanan. Namun kendati demikian tidak semuanya orang tahu akan hal tersebut.

Dan sebenarnya bila ditelusur lebih jauh lagi bukan disebabkan karena makanan yang dihangatkan, ataupun seberapa lama nasi tersebut disimpan. Berdasarkan pe;nelitian yang ada, ternyata beras yang belum dimasak mengandung yang namanya sel yang dapat bereproduksi dengan cepat. Sehinnga memunculkan spora bacillus cereus, dimana merupakan sejenis untai bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Nah ketika beras sudah menjadi nasi, hal yang mencengangkan adalah bakteri tersebut ternyata masih tetap hidup.

Apabila nasi dibiarkan terus menerus pada suhu ruangan tertentu, maka spora tersebut dapat dengan mudah tumbuh menjadi bakteri jahat. Sehingga akhirnya akan berkembang biak secara eksponensial dan setelah itu akan menghasilkan racun yang dapat berakibat pada diare ataupun muntah.

Dengan semakin lama makanan dibiarkan pada suhu tersebut, maka semakin besar pula kemungkinan bakteri tumbuh. Hal tersebut yang membuat nasi sangat tidak aman dan layak untuk dikonsumsi.

Sehingga dapat disimpulkan apabila kamu hendak berencana memanaskan dan memakan nasi sisa keesokan harinya, ada baiknya nasi tersebut dengan cara yang benar dan juga tepat agat tidak keracunan makanan.






asdasda