Intip 5 Tips Dalam Mengatur Pola Keuangan Secara Baik dan Benar

Intip 5 Tips Dalam Mengatur Pola Keuangan Secara Baik dan Benar

Berita Lifestyle – Berita Lifestyle, Walaupun pada umumnya keuangan menjadi prioritas utama dalam hidup namun tentunya kita perlu mengatur pola keuangan yang ada agar dapat menyeimbangkan sesuai dengan budget yang kita miliki. Secara khusus uang mempunyai peran yang penting dalam kehidupan, karena uang menjadi salah satu alat tukar yang sah dalam melakukan berbagai kegiatan transaksi.

Tentunya agar kita tidak salah dalam menggunakan uang yang tersedia, maka berikut ini ada 5 prinsip keuangan yang perlu kita ketahui seperti halnya yang dikutip dari laruno.com, pada Sabtu (02/12/2017).

1. Mengembangkan pola pikir yang benar
Tentunya kita ini wajib untuk melihat utang itu sebagai musuh kehidupan dari pengelolaan keuangan yang ada. Apabila kita ingin menghilangkan yang namanya utang maka tentunya kita harus bisa mengubah pola pikir kita dengan menanamkan pada diri bahwa utang bukanlah jalan keluar terbaik. Meskipun sedikit utang yang ada, apabila digabungkan dengan utang-utang yang lain maka tentu saja dapat menjadi beban biaya kita karena tentu saja yang namanya utang perlu untuk dibayar.

2. Pemahaman keuntungan yang lebih
Pada dasarnya sebagian dari masyarakat tidak tahu ada berapa banyak utang yang benar-benar mereka miliki. Beberapa orang bahkan tidak mengetahui secara pasti apakah mereka memiliki kekayaan bersih positif dan negatif. Untuk itu pahami berapa yang benar–benar menjadi keuntungan bersih dan juga aset yang kita miliki.

3. Carilah bantuan
Nah tentunya apabila kamu tidak dapat yang namanya mengelola keuangan dengan baik dan benar maka mintalah bantuan dari para perencana keuangan agar dapat membantu kamu dalam mengelola keuangan lebih baik dan benar lagi.

4. Mengontrol
Yang terpenting dari semua adalah mampu dalam nmengontrol keuangan. Dimana kamu dapat memulainya dengan cara mengontrol pengeluaran yang ada, jangan setiap kali kamu berbelanja menggunakan kartu kredit atau misalnya menghabiskan uang yang memang sebenarnya tidak diperlukan. Hal ini dapat merusak perencaan keuangan kamu. jadi pada intinya jangan sampai yang namanya pengeluaran lebih besar dari pada pemasukan.

5. Buat rencana
Hal ini tentunya hrus jelas, dimana sewaktu kamu menerima pendapatan yang masuk maka kamu dapat segera membuat tabel rencana mengenai keuangan kamu. Misalnya seperti rencana anggaran belanja, asuransi, investasi ataupun dana cadangan. Kamu dapat merencanakan dengan cara menghitung atau membagi persentasi untuk setiap kebutuhan. Yang terpenting dari semuanya yaitu menjalankan rencana tersebut dengan disiplin dan teratur ya.

Berikut diatas merupakan lima prinsip dasar keuangan yang perlu kamu terapkan guna menyeimbangkan kondisi keuangan yang ada agar tetap stabil. Semoga bisa bermanfaat.






asdasda