Resep Membuat Kue Putu Ayu, Jajanan Enak Pasar Tradisional Indonesia

Resep Membuat Kue Putu Ayu, Jajanan Enak Pasar Tradisional Indonesia

Berita Lifestyle – Berita Lifestyle, Yang namanya kue putu ayu atau yang biasa disebut dengan kue putri ayu adalah masuk pada salah satu makanan/jajanan pasar tradisional yang bahkan hingga saat sekarang ini masih sangat populer dan digemari oleh banyak orang sebagai cemilan yang ada.

Adapun bentuk dari kue ini memiliki tekstur yang lembut dan juga empuk serta berbentuk seperti bolu kukus. Memiliki rasa yang manis, lezat dan juga mempunyai cita rasa yang tradisional, putu ayu menjadi jenis makanan yang dicari.

Pada umumnya, kue putu ayu ini dapat juga di beri taburan kelapa parut pada bagian atasnya. Pada umumnya kue putu ayu diketahui berwarna hijau muda yang lembut dan empuk dan bila anda suka dapat menambahkan wangi pandan kedalamnya.

Untuk jenis kue ini dibuat dengan menggunakan cetakan kue putu ayu yang dibilang spesial dan kemudian dimasak dengan cara dikukus sekaligus dengan menggunakan kelapa parutnya. Kue putu ayu termasuk pada salah satu jenis kue basah, sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba resep putu ayu berikut ini.

Bahan Pembuatan :

– 150 g tepung terigu
– butir telur
– 200 g gula pasir
– 100g kelapa muda parut
– 200 ml santan
– Garam
– Pasta Pandan secukupnya ( untuk warna hijau )

Cara Pembuatan :
1. Pertama-tama kocok telur dengan menggunakan gula pasir sampai akhirnya mengembang dan kemudian tambahkan tepung terigu aduk hingga rata.

2. Lalu setelah itu tuangkan santan secara bertahap sambil mengaduknya hinnga merata.

3. Selanjutnya untuk memasukkan pasta pandan, setelah itu aduk sampai merata kembali.

4. Masukan kelapa dan juga garam kedalamnya, kemudian aduk kembali

5. Dilanjutkan dengan menggunakan cetakan, masukkan kelapa lalu tekan supaya menjadi padat
Tuang adonan sampai cetakan kembali memenuh.

6. Panaskan pengukus yang ada, kemudian kukus adonan selama lebih kurang 15 menit lalu angkat dan sajikan, selamat mencoba!






asdasda