Marak Motor Listrik, Honda Persiapkan Gebrakan Baru Tahun Depan

Marak Motor Listrik, Honda Persiapkan Gebrakan Baru Tahun Depan

Berita Otomotif – Berita Otomotif, Dengan adanya rencana dari pihak pemerintah untuk melakukan yang namanya Rancangan Peraturan Presiden Tentang diadakannya Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Untuk Transportasi Jalan, maka untuk pengembangan tersebut akan mulai segera disosialiasikan.

Terkait akan hal tersebut, PT. Astra Honda Motor yang merupakan selaku APM Honda yang ada di Indonesia juga sangat menyambut hal tersebut secara positif.

“Hal ini sudah dicanangkan sejak tahun lalu, dari pihak kita juga sudah declare commit untuk segera menghadirkan produk motor listrik. Nantinya kedepan memang semua arahnya kepada kendaraan listrik. Kita secara produk dari prinsipal juga telah mempersiapkan di tahun 2018. Dari sisi kita, tentunya sudah bekerja sama dengan pihak pemerintahan di hubungan darat, dan kemudian kita juga sudah melakukan beberapa pengujian motor listrik pada tahun lalu semester dua. Tentunya hal ini juga dibantu oleh teman yang ada di dunia pendidikan UI,” ucap Thomas Wijaya yang merupakan Marketing Direktur AHM ketika ditemui di sela-sela Honda Bikers Day, pada Sabtu (26/08/2017), Bukittinggi.

Menurut Thomas, ada banyak hal yang harus dipersiapkan saat ini, yang terpenting dari semuanya adalah regulasinya seperti apa.”Kita sudah berkoordinasi dengan pihak AISI mengenai banyak hal, regulasi teknologi, dan yang terpenting adalah permasalahan regulasi baterai. Mengapa? Hal ini karena baterai harus aman, kemudian secara teknologinya, pemakaian tentunya tidak boleh sampai membahayakan konsumen,” lanjutnya.

Selain itu transisi dari motor konvensional ke motor listrik tentunya dapat membutuhkan pengaturan khusus pada motor elektrik, karena motor elektrik sendiri memiliki karakteristik torsi puncak yang sudah melimpah dari putaran rendah. “Dan pastinnya yang perlu diperhatikan adalah penggerak pada motornya nanti. Apakah langsung meluncur atau hanya dibuat taste seperti motor biasa pergerakan smooth. Kemudian suara motor listrik juga perlu dipertimbangkan,” terang Thomas.






asdasda