Awas Ada Tikus Mengintai, Usir Hewan Pengerat Ini Dari Rumah Dengan 5 Langkah Tepat Berikut

Awas Ada Tikus Mengintai, Usir Hewan Pengerat Ini Dari Rumah Dengan 5 Langkah Tepat Berikut

Berita Properti – Berita Properti, Hewan pengerat seperti tikus tentunya sering Anda jumpai di setiap sudut rumah seperti salah satunya dapur rumah Anda. Tikus-tikus ini datang tanpa diundang. Mencoba mencari makanan ataupun mengerat kain-kain yang ada dirumah.

Dengan adanya kehadiran para tikus tersebut dipastikan akan sangat mengganggu kenyamanan Anda dirumah ditambah lagi kiga dapat membahayakan kesehatan penghuni rumah. Pasalnya tikus got umumnya diklaim dapat membawa penyakit tipes. Oleh karena itu, jagalah kebersihan rumah Anda agar si tikus tidak sampai masuk ke dalam rumah. Nah pada pembahasan kali ini ada beberapa langkah agar para tikus kecil ini enggan untuk masuk kedalam rumah Anda, yakni diantaranya seperti :

1. Mempersiapkan racun tikus dan Jebakan
Hal ini tergolong ampuh dan mudah yaitu dengan cara menebar racun ataupun jebakan tikus di setiap sudut rumah Anda. pertama sekali letakkan racun dan jebakan tikus di jalur area yang sering dilalui oleh tikus. Jangan sembarangan, ya, apalagi bila Anda memiliki hewan peliharaaan.

Setelah itu pancing tikus dengan menggunakan makanan kesukaannya agar tikus mau menunjukan dirinya. Untuk penggunaan racun tikus tentunya diperlukan pengawasan khusus, hal ini dikarenaka cukup berbahaya bagi lingkungan. Atau Anda juga dapat menebar lem tikus di beberapa bagian rumah.

2.Gunakan bunyian
Taukah Anda bila tikus sangat tidak suka berada di tempat yang ramai dan penuh suara. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan mainan yang mengeluarkan suara guna untuk menakut-nakuti tikus. Tempatkanlah mainan tersebut dekat di area yang sering dijadikan akses keluar-masuk oleh tikus menuju rumah Anda.

Anda dapat menggunakan bunyi-bunyian alami seperti ,misalnya saja menggunakan jangkrik. Suara jangkrik yang beraduan akan mengganggu konsentrasi tikus dan membuatnya tidak berani untuk datang mendekat. Selain dikenal cukup ampuh, penggunaan suara jangkrik juga jauh lebih hemat karena tidak membutuhkan listrik ataupun baterai

3. Gunakan bebauan
Selain menggunakan bunyi-bunyian, tikus juga tidak menyukai bebauan. Ada beberapa bau yang tidak disukai oleh tikus sepeti diantaranya bau kapur barus, buah mengkudu, kulit durian, dan juga minyak mint.

Anda dapat mencoba menebarkan benda-benda tersebut di sudut-sudut ruang dalam rumah dan dekat akses masuk tikus ke dalam rumah Anda.

4. Berburu tikus
Anda mungkin boleh mencoba berburu tikus di sekitar rumah. Anggap saja ini sebagai peringatan untuk kelompok tikus agar tidak mendekati rumah Anda.

Caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan campuran, cabai, deterjen, dan air untuk berburu. Taruhlah campuran cairan tersebut pada botol spray. Ketika tikus muncul ataupun lewat tinggal semprotkan ke arahnya. Namun sebagai perhatian bagi para orang tua agar lebih berhati-hati ya penggunaanya. Jauhkan dari anak kecil serta kontak mata.

5. Simpan makanan
Tikus merupakan binatang yang suka mencuri makanan dan tergolong lihai. Hindarilah untuk menaruh makanan secara sembarangan. Taruhlah sisa makanan di dalam kulkas ataupun lemari tertutup. Untuk makanan-makanan kering sebaiknya simpan kedalam wadah kedap udara seperti misalnya stoples. Segera bersihkan apabila ada sisa-sisa makanan yang tersisa di dapur, meja makan, atau lantai rumah Anda sehingga rumah selalu tampak nyaman serta bersih.

6. Bersihkan rumah
Pada dasarnya tikus sangat menyukai tempat yang kotor. Kalaupun tikus datang ke rumah Anda, bisa jadi hal ini dikarenakan tikus menganggap rumah Anda tidak bersih sehingga sangat nyaman dijadikan sebagai sarang tempat tinggal dari tikus. Oleh karenanya akan sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan dari rumah, baik itu di area dalam maupun luar.

Perhatikan juga area disekitar dapur. Jangan biarkan sampah didapur menumpuk apalagi pada tempat sampah. Biasakan untuk selalu membuang sampah ke tong sampah di luar rumah apabila memang sudah penuh. Sampah yang menumpuk dapat menimbulkan aroma tidak sedap yang sangat disukai oleh tikus.






asdasda