Mari Bercocok Tanam Dirumah, Yuk Lihat 4 Jenis Sayur Yang Tahan di Cuaca Panas

Mari Bercocok Tanam Dirumah, Yuk Lihat 4 Jenis Sayur Yang Tahan di Cuaca Panas

Berita Properti – Berita Properti, Tentunya bagi kita semua ketika sedang melihat saluran chanel tv yang khusus menyiarkan program kuliner, tentunya kita sering dibuat iri oleh para juru masak luar negeri yang menanam sayurnya sendiri di perkarangan rumah. Tanpa harus repot belanja ke pasar, mereka hanya tinggal memetik saja hasil kebunnya dan lebih terjamin sehat dan juga segar.

Nah bagi Anda yang tinggal di daerah dataran rendah di tropis Indonesia, faktor cuaca selalu menjadi kendala utama untuk berkebun sayur. Namun Anda tidak perlu merasa khawatir, pastinya ada beberapa tanaman sayur yang tetap bertahan di cuaca panas, bahkan dapat juga ditanam dalam pot. Mau tau apa saja jenis sayuran yang cocok untuk ditanaman didaerah sekitar rumah Anda, yuk simak 4 jenis sayuan berikut :

1. Buncis
Umumnya petani buncis yang ada di Binh Thuan, Vietnam, lebih memilih musim kering sebagai waktu yang tepat dalam menanam benih, hal ini dikarenakan kondisi tanah yang tidak terlalu lembap. Perlu diketahui bunci sendiri memiliki 2 tipe diantaranya yaitu yang ditanam merambat serta dibiarkan tegak lurus.

Yang merambat umumnya jelas memberikan hasil yang lebih banyak namun membutuhkan penyangga minimal sekitar dua meter. Asalkan Anda secara rutin menyiram buncis dua kali sehari untuk mencegah tanahnya menjadi sangat kering, Anda akan memiliki tanaman yang sehat alami.

2. Kacang merah
Perlu diketahui juga bila kacang merah dapat ditanam di media apa pun, termasuk itu didaerah pekarangan rumah. Nah sebelum Anda mulai melakukan penanaman, pastikan terlebih dahulu tanah dalam kondisi yang memang gembur ya, misalnya saja dengan menambahkan pupuk kandang.

Setelah itu, bila kacang merah sudah ada berusia sebulan, periksakan setiap minggu untuk mencegah munculnya hama serta jamur. Kacang merah sendiri dapat Anda panen nantinya setelah berusia 2-3 bulan.

3. Bawang merah
Nah yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi, Anda dapat menanam bawang dalam polybag ataupun pot dan yang paling tepat dapat ditanam ketika musim panas tiba. kemudian Anda dapat mempergunakan pupuk kompos ataupun pupuk kandang untuk membuat tanah tempat menanam menjadi lebih subur dan juga kaya akan mineral yang baik bagi pertumbuhan bawang.

Ketika memasuki usia 10 hari, bawang haruslah rutin disiram setiap pagi dan sore hari, setelahnya hanya membutuhkan satu kali penyiraman. Cocok banget, kan, untuk Anda yang sibuk dan mengaku tidak punya waktu untuk berkebun.

4. Selada
Jenis sayuran selada memang selalu menjadi makanan favorit yang sangat enak untuk dibuat lalap dan salad. Selada tidak selalu membutuhkan cuaca dingin sebagai lokasi tempat tumbuhnya. Selada malah justru membutuhkan sinar matahari yang hangat namun bukan tanah yang dibiarkan terlalu kering. Anda mungkin dapat menanamnya di polybag berukuran kecil ketikamelakukan penyemaian benih.

Sewaktu pertumbuhannya telah mencapai 4-5 helai daun, Anda harus segera memindahnya kedalam polybag yang jauh besar agar pertumbuhannya tidak terhambat.






asdasda