Terakhir Kali Muncul Tahun 1866, Fenomena Langka Gerhana Bulan Total Akan Berlangsung Kembali Hari Ini

Terakhir Kali Muncul Tahun 1866, Fenomena Langka Gerhana Bulan Total Akan Berlangsung Kembali Hari Ini

Beritaterkini.org – Berita Terkini, Jelas saja, anda tentunya sudah tahu bukan bila pada malam ini akan menjadi momen yang tidak terlupakan pasalnya, tepat di tanggal 31 Januari 2018 malam hari ini, akan terjadi yang namanya fenomena gerhana bulan total yang sangat tidak biasa dan bukan hanya itu saja, fenomena ini sangat langka. Lantas apa yang membuat hingga fenomena ini bisa disebut langka?

Yang pertama, gerhana bulan total ini menjadi hal yang disebut langka karena terakhir kali muncul pada 31 Maret 1866 silam. Ya, sudah sangat lama dan pernah terjadi 152 tahun yang lalu, gerhana dari bulan total malam nanti rupanya merupakan gabungan fenomena alam yang berlangsung secara bersamaan, di mana akan terjadi yang namanya fase bluemoon, supermoon dan gerhana bulan secara bersamaan.

Untuk yang namanya fenomena dari supermoon ini nantinya akan terjadi ketika purnama berada dalam jarak terdekatnya dengan bumi sehingga bisa dipastikan ukuran bulan ini menjadi 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang daripada umumnya. Sedangkan untuk bluemoon adalah bulan purnama yang akan terjadi dua kali dalam satu bulan kalender. Selanjutnya gerhana bulan juga akan terjadi ketika bulan purnama bumi menutupi bulan, sehingga bulan akan tertutupi oleh bayangan dari bumi. Orbit bulan yang nantinya mengelilingi bumi pun berbentuk elips sehingga jarak bumi dengan bulan bisa selalu berubah. Saat bulan akan berada pada titik terdekat (perigee) dengan bumi bertepatan dengan bulan purnama maka akan terjadilah supermoon.

Gerhana bulan total nantinya akan berlangsung selama empat jam yang akan diawali dengan fase gerhana sebagian, lalu kemudian akan ada gerhana total, kembali lagi ke gerhana parsial, dan terakhir bulan terlepas dari bayangan bumi.

Indonesia sendiri akan menjadi salah satu negara yang beruntung dalam menyaksikan fenomena dari Gerhana bulan ini dan kemudian juga dapat diamati di berbagai belahan dunia lainnya. Nah bila kamu hendak ingin mengikuti proses terjadinya gerhana bulan total nanti malam, tentunya kamu dapat melihat perkiraan jam berikut yang telah dirangkun yakni diataranya sebagai berikut ini.

1. Awal gerhana parsial akan terjadi pada 18.48 WIB

2. Awal gerhana total akan terjadi pada 19.52 WIB

3. Pada Puncak gerhana nantinya terjadi pada 20.30 WIB

4. Akhir totalitas terjadi pada 21.08 WIB

5. Akhir gerhana terjadi pada parsial 22.11 WIB.






asdasda