Waspada Aktivitas Meningkat, Magma Gunung Agung Capai Batas Permukaan

Waspada Aktivitas Meningkat, Magma Gunung Agung Capai Level Batas Permukaan

Beritaterkini.org – Berita Terkini, Aktivitas dari Gunung Agung kini telah meningkat kembali adapun lokasi dari gunung agung ini berada di Kabupaten Karangasem,Bali yang sebelumnya meletus sejak Selasa 21 November 2017 lalu. Sejak awal letusan, gunung tertinggi yang ada di Bali tersebut pun sudah berulang kali menyemburkan abu vulkanik yang berwarna kelabu setinggi lebih dari 3.000 meter.

PIhak dari Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yakni Devy Kamil Syahbana menginformasikan kabar terbaru bila untuk saat ini posisi magma dari Gunung Agung sudah berada pada permukaan gunung setinggi 3.142 mdpl tersebut.

“Dan dari hasil citra satelit NASA Modis ditemukan ada 70 megawatt. Hal itu jelas saja mengindikasikan magma dari dasar Gunung Agung sudah mencapai permukaan sebelum nantinya memuntahkan laharnya,” terang Devy, di Bali, Selasa (28/11/2017).

Kemudian daripada itu, Devy juga menjelaskan bila untuk saat seperti sekarang ini, Gunung Agung membutuhkan waktu dan tenaga untuk bisa memuntahkan semua isi perutnya. Dan warga yang ada disekitaran lokasi agar diminta untuk lebih mematuhi himbauan yang telah dikeluarkan oleh para petugas demi menjaga keamanan dan juga keselamatan jiwa.

Selain itu dirinya juga menanbahkan agr para warga yang ada disekitar Gunung Agung untuk segera mengungsi kelokasi yang jauh lebih aman yang mana sebelumnya telah direkomendasikan oleh pemerintah.

perlu diketahui, sejak meletus terakhir pada tahun 1963, Gunung Agung sudah banyak memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat Bali, khususnya yang berada di kawasan sekitarnya. Mulai dari kualitas sumber daya alam dan juga pariwisata alamnya.

“Yang pasti bila Gunung Agung sudah selesai beraktivitas, kondisi akan berjalan normal lagi. Warga akan kembali mendapat manfaat darinya. Sehingga untuk langkah bijak kita ya, biarkan dulu gunungnya sendiri. Memang dia ingin menyendiri, mungkin. Setelah selesai, silakan warga kembali ke rumahnya,” paparnya.

Hingga saat ini, status Gunung Agung telah dinaikkan menjadi Awas atau level IV dari sebelumnya sempat Siaga atau level III. Zona berbahaya pun akhirnya berubah dari radius 6 kilometer dengan sektoral 7,5 kilometer menjadi radius 8 kilometer dengan sektoral 10 kilometer. Dilokasi tempat Gunung Agung ada 17 desa yang masuk dalam zona Kawasan Rawan Bahaya (KRB) III. Wilayah itu sudah dipastikan harus streril dari aktivitas manusia.






asdasda