Main Menu

Berkat Jokowi Tol Perdana Di Kalimantan Akan Siap 2018 Mendatang

BERITA TRAVEL – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) kembali meneruskan kunjungannya untuk memonitor progres pembangunan infrastruktur.

Kesempatan ini giliran Proyek Pembangunan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi V Km 13 Balikpapan-Sepinggan, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur yang ditinjaunya pada Kamis (24/3/2016).

Sejatinya, proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sudah diawali mulai sejak 2010, tetapi masihlah terhalang pembebasan tempat.

Menurut Jokowi, pembebasan tempat adalah permasalahan yang sering nampak dalam semuanya pembangunan infrastruktur. Oleh karenanya, dia yakin bila pembebasan tempat usai jadi konstruksi juga dapat cepat usai.

Ruas jalan tol yang sekarang ini dilihat Jokowi, yaitu Seksi V Km 13 Balikpapan-Sepinggan, sudah di bangun mulai sejak November 2015 silam.

” Ini yaitu sisi dari Tol Balikpapan-Samarinda yang telah diawali th. 2010 namun berhenti serta saya paksa Pak Gubernur untuk diawali lagi tempo hari pada bln. November 2015, ” kata Jokowi dalam siaran pers

Jokowi memberikan, kemunculannya di jalan tol itu yaitu untuk meyakinkan pembangunan selalu jalan mengingat nilai proyeknya yang meraih Rp 13, 112 triliun.

” Nyatanya benar November telah mulai lagi. Konstruksi telah usai 7, 6 km., ” sambungnya.

Jokowi menerangkan, selama 27 km. dari ruas jalan tol itu dibiayai oleh Biaya Pendapatan Berbelanja Negara (APBN) serta Biaya Pendapatan Berbelanja Daerah (APBD).

Sedang bekasnya bakal diberikan ke investor sembari mengharapkan prosesnya dapat usai April 2016 kelak.

Untuk pembebasan lahannya, sekarang ini telah usai 85 % dari keseluruhan 99, 02 km.. Jokowi optimistis 15 % bekasnya dapat usai pas saat.

” Kita berharap semua jalan tol dari Balikpapan menuju Samarinda ini usai pada th. 2018, ” ujarnya.






Comments are Closed