Ni Alasan Mengapa Berkeringat Terasa Enak Ketika Sakit

Ni Alasan Mengapa Berkeringat Terasa Enak Ketika Sakit

Beritaterkini.org – Saat kita sedang sakit, tak jarang kita mendengar saran untuk berkeringat supaya badan terasa lebih enak. Entah itu dengan cara minum minuman yang hangat atau makan yang hangat, atau dengan cara berolahraga yang ringan jika mampu. sangat tidak masuk akal bukan? , namun menurut penelitian menurut Leeja Carter, PhD, asisten profesor psikologi olahraga dan latihan di Long Island University di Brooklyn, hal itu memang terjadi kerena adanya pelepasan hormon endorfin saat berkeringat.

Ni Alasan Mengapa Berkeringat Terasa Enak Ketika Sakit

Hormon endorfin dapat memberi rasa yang menyenangkan dan dapat meningkatan mood anda, yang akan memberikan efek positif yang bisa membuat anda menjadi lebih baik. walaupun begitu tetap saja rasa ‘sakit’ yang kita rasakan itu bisa keluar melalui keringat, lanjut menurut Michele Olson, PhD, CSCS, seorang profesor klinik senio ilmu olahraga di Huntingdon College di Alabama. Hal ini sebabkan keringat sendiri memberikan satu funngsi dasar, apa itu ?

” Saat keringat anda menguap dari kulit, tubuh menjadi dingin, ini adalah cara yang sangat penting untuk menurunkan suhu tubuh anda. Katanya.
Oleh karena itulah keringat yang menyebabkan berkurangnya hawa panas ini semua bisa anda cegah supaya demam tidak meninggi, jika sakitmu berada di atas leher (hidung tersumbat, bersin, radang tenggorokan dan tidak demam), maka anda bisa berolahraga yang ringan.

Olson menyarankan, jika anda memiliki rutinitas olahragalah sebelum anda sakit, maka anda bisa melakukanya namun dengan intensitas yang lebih sedikit dari biasanya. Misalnya jika kamu terbiasa lari jauh atau long run , maka kamu bisa menggantinya dengan jalan cepat atau yoga atau berenang.

Baca Juga : Jawaban Jokowi tentang Tim Pencari Fakta Kerusuhan 22 Mei






asdasda