Main Menu

Tahun 2019 Permukiman Waduk Pluit Pindah Ke Rumah Susun Ahok

BERITA TERKINI – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dengan kata lain Ahok mengajak Menteri Luar Negeri Belanda Bert Koenders ke permukiman padat masyarakat di samping Waduk Pluit, Jakarta. Waktu itu Ahok mengemukakan pada warga bakal menertibkan tempat tinggal mereka.

Awalannya, Ahok mengajak Koenders lihat pompa Waduk Pluit serta peran utama tanggul untuk tempat tinggal warga. Hal semacam ini begitu utama untuk menahan banjir serta rob waktu air laut gunakan.

Selesai melihat-lihat permukiman warga, Ahok pernah mengajak perbincangan seseorang nenek yang kebetulan keluar dari tempat tinggalnya. Ahok meyakinkan telah tak banjir lagi mulai sejak di bangun tanggul.

” Tahun ini tidak ada banjir lagi ya Bu? ” bertanya Ahok di Waduk Pluit

Sang nenek menyampaikan saat ini keadaan telah tambah baik. Sebelumnya ada tanggul, tempat tinggalnya senantiasa terendam banjir sampai sedengkul orang dewasa. ” Bila saat ini belum, Pak, ” kata nenek berbaju hitam itu.

Ahok tertawa mendengar jawaban sang nenek. Dia Merasa kan bagaimana warga itu tak meyakini benar tanggul dapat menahan air. ” Kurang beriman ini, ” tutur Ahok.

Waktu itu juga Ahok menjelaskan bakal menertibkan permukiman masyarakat di tempat itu sembari menanti sarana tempat tinggal susun siap. Hal semacam itu sekurang-kurangnya baru dapat dikerjakan pada 2019.

” Ibu kelak mesti Pindah Karena disini masihlah bahaya. Bila airnya tumpah, wah mati kita nih, ” kata Ahok.

” Dapat 10 ribu orang wafat bila tanggulnya rubuh. Bagaimana bangun tanggul yang di depan, terusin nutupin sampai ini Pelabuhan Nizam Jaman kelak tanggulnya bila airnya 2, 8 mtr. ini kan selalu turun juga dana kita. Lebih aman kita bangun 3, 8 mtr. lebarnya, ” Ahok menerangkan.

Mesti Geser Sekaligus

Tanggul baru nanti bakal di bangun di depan tanggul yang telah ada. Lantaran bila bangun tanggul didalam mesti merubuhkan tempat tinggal warga, sedang rusun belum siap. Ahok memprediksi pelaksanaan dapat diawali pada 2017, hingga 2019 atau 2020 telah dapat teralisasi.

” Saya kan tidak paham bakal ada di kantor DKI atau tak sesudah Oktober 2017. Maka dari itu saya sediakan rencana ini selalu jalan. Saya tak di kantor juga bakal jalan, ini utama kita sediakan, ” papar Ahok.

Tempat tinggal susun baru yang bakal di bangun juga tidak bakal jauh dari Rusun Muara Baru. Karenanya, pembangunan mesti betul-betul menyeluruh, hingga tak ada satu juga warga yang ketinggalan.

” Bila ingin mindahin orang mesti komplit, ada yang tidak geser, kelak iri dong. Maka dari itu bila ingin mindahin orang bangunnya sekalian, agar adil. Maka dari itu saya katakan bila bangun suatu hal tidak bisa nanggung-nanggung, sama seperti kami tidak gusur dahulu lantaran tempat tinggal susun belum jadi, ” pungkas Ahok.






Comments are Closed