Main Menu

Alat Ini Bisa Membikin Pengendara Tidak Ugal-ugalan Lagi

Alat Ini Bisa Membikin Pengendara Tidak Ugal-ugalan Lagi

Berita OtomotifBerita Otomotif, Salah satu tren berkendara yang tengah ramai di Eropa dan negara-negara maju lainnya adalah pemakaian dashcam, sebuah kamera kecil yang dipasang di kabin mobil. Alat ini berguna merekam semua peristiwa di jalanan. Tercatat, penjualannya naik dua kali lipat tiap tahun.

Lalu, adakah keuntungan nyata dari memakai dashcam? Apakah dashcam bisa mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas, misalnya?

Geraldine Herbert, pendiri dua website yang khusus membahas segala hal tentang otomotif buat perempuan, mengatakan bahwa peran utama dashcam adalah menjadi saksi bisu. Kala kecelakaan misalnya, alat inilah yang menjadi bukti utama yang dapat memperlihatkan kejadian dengan lengkap.

Dengan memasang alat ini, Herbert mengatakan kalau tingkah laku buruk pengemudi bisa secara bertahap dikurangi. Sebab, pengemudi dengan sadar membeli alat yang bisa merekam semua tingkah mereka di jalanan, termasuk apabila mereka membahayakan orang lain.

Tidak cuma itu, di Inggris, pemakai dashcam juga akan memperoleh potongan premi dari beberapa perusahaan asuransi, yakni sekitar 10 %. Ketentuannya, sudah pasti alat itu senantiasa dinyalakan kala pengemudi ada di balik setir.

Walau demikian, menurut Herbert, pemakaian dashcam tidak lantas membikin jalanan aman seketika, dan semua orang mengemudi dengan baik. “Peningkatan CCTV di kota tidak mengurangi kriminalitas atau mempunyai ponsel lantas membikin kita lebih aman.” ujarnya.

Menurutnya, jalan keluar mendasar supaya pengemudi tidak ugal-ugalan yaitu desain jalan, pendidikan berkendara, serta penegakan hukum. “Gosip sesungguhnya supaya lebih aman adalah desain jalan, lebih banyak pendidikan untuk mempromosikan keselamatan berkendara, dan penegakan hukum yang lebih baik.” tuturnya.

Bantu Share Nya Berita Otomotif






Comments are Closed