Main Menu

Bagaimana Membeli Rumah Bekas

BERITA PROPERTI – Anda tertarik beli tempat tinggal sekunder atau seken (second) atau tempat tinggal sisa gunakan?

Tunggulah dahulu! Sebelumnya mengambil keputusan beli tempat tinggal seken, sebaiknya ikuti kiat di bawah ini supaya tak menyesal di masa datang :

Teliti keadaan rumah

Janganlah yakin demikian saja dengan penampilan fasad tempat tinggal atau promosi penjual tempat tinggal. Sebagai bahan pertimbangan, ajak rekan atau arsitek yang tahu mengenai layak tidaknya bangunan itu.

Cermati ketahanan dinding, adakah retakan atau kelembapan akibat saluran air yang bocor? Juga penting Anda saksikan adakah serangan rayap dengan mengetahui tanda-tandanya.

Janganlah terbuai dengan interior bangunan, teliti umur bangunan, kapan paling akhir dikerjakan renovasi.

Cermat lihat umur bangunan terkait dengan keselamatan Anda serta anggota keluarga yang lain.

Cermati juga aliran hawa yang keluar masuk ruang. Teliti kelengkapan ventilasi serta pencahayaan.

Ruangan yang kurang mempertimbangkan kecukupan ventilasi serta pencahayaan bakal menyebabkan kelembapan. Kelembapan begitu disenangi rayap serta jamur, akhirnya ruang berbau serta tak sehat.

Teliti kehadiran sumber air. Seperti di ketahui, air begitu utama untuk keperluan keluarga. Yakinkan sumber air seperti sumur yang mempunyai jarak ideal dengan septic tank yaitu 10 mtr. persegi.

Bila jarak ideal tidak dipenuhi, dapat ditebak air bakal tercemar serta pastinya tidak layak dikonsumsi.

Check juga daya penunjang listrik. Apakah si yang memiliki tempat tinggal terlebih dulu punya masalah dengan segel meteran atau tak. Jangan pernah Anda mesti memikul denda tinggi lantaran meteran punya masalah.

Teliti status kepemilikan rumah

Sesudah mengecek keadaan fisik bangunan, mari cermat mengecek status kepemilikan tempat tinggal. Saksikan serta yakinkan tempat tinggal itu mempunyai surat izin serta sertifikat kepemilikan.

Check apakah tempat tinggal itu mempunyai permasalahan sengketa lantaran persoalan warisan. Tempat tinggal warisan biasanya mempunyai banyak pakar waris, kenali apakah semuanya pakar waris menyepakati penjualan tempat tinggal. Bila nyatanya bersengketa, tambah baik anda memikirkan lagi untuk membelinya.

Survey harga rumah

Pikirkan keunggulan serta kekurangan bila beli tempat tinggal itu. Teliti juga patokan harga tempat tinggal seken di sekelilingnya atau tempat lain dengan jarak yang sama dari tempat Anda bekerja.

Apabila Anda mesti merenovasi, yakinkan besaran anggarannya tak melebihi gagasan awal.

Untuk mereka yang mempunyai dana terbatas, namun tak dapat beli tempat tinggal baru, dapat pula beli tempat tinggal sisa. Tetapi, beli tempat tinggal sisa tak bermakna lebih murah dibanding dengan tempat tinggal baru.

Cermati juga sekitar lingkungan, apakah aman, bagaimana dengan beberapa tetangga, atau jauh dekatnya tempat tinggal dengan tempat kerja, dan akses jalan menuju tempat tinggal pantas Anda pikirkan.

Apabila menggunakan layanan broker dalam beli tempat tinggal seken, Anda tetaplah mesti cermat. Tentukan broker yang mempunyai sertifikat, bila butuh Anda bisa mengecheck keabsahannya dengan menelepon kantor ia bekerja atau asosiasi broker di Indonesia.






Comments are Closed