Main Menu

Bangkai Salah Satu Paus Terbesar Ditemukan Terdampar di Italia

Bangkai Salah Satu Paus Terbesar Ditemukan Terdampar di Italia

Berita Terkini — Bangkai paus yang diyakini sebagai salah satu paus terbesar yang pernah ditemukan di Laut Mediterania ditemukan di lepas pantai selatan Italia.

Penyelam penjaga pantai menemukan paus tersebut di perairan dekat pelabuhan Sorrento, pada Minggu (17/1/2021). Mereka dituntun ke mamalia mati itu oleh paus muda yang terlihat stres, kata para pejabat.

Temuan ini memicu operasi besar untuk mengangkat bangkai seberat 70 ton yang akhirnya selesai pada Rabu (20/1/2021). Penjaga pantai mengatakan itu “mungkin salah satu” bangkai paus terbesar yang pernah ditemukan di wilayah tersebut.

Tak lama setelah penyelam menemukan hewan itu pada Minggu, tubuhnya mengambang di permukaan laut dan petugas memutuskan untuk melakukan operasi yang rumit untuk memindahkannya ke darat.

Dua kapal terlibat dalam operasi tersebut dan bangkainya ditemukan pada Selasa (19/1/2021) malam. Penjaga pantai kemudian menarik paus mati itu dari Sorrento ke pelabuhan Napoli, yang kemudian tiba pada hari Rabu.

Pemeriksaan post-mortem akan dilakukan oleh ahli biologi kelautan dan ahli lainnya yang sedang menyelidiki penyebab kematian paus itu, kata para pejabat.

Ada juga rencana agar kerangka besar paus itu nantinya ditampilkan di museum. Sementara itu, penjaga pantai sedang memantau tanda-tanda lebih lanjut dari paus muda yang membawa mereka ke bangkai itu.






Comments are Closed