Main Menu

Gempa Di Subang Berada Di Bawah Laut Jawa

Beritaterkini.orgBerita Terkini, Jakarta – Sumber gempa subang berkekuatan 6,5 skala richter yang terjadi pada hari rabu kemarin berasa dari zona subduksi di bawah lau jawa “sumber gempa di kedalaman 650 kilometer, dalam banget dari hasil rekonstruksi itu berasal dari zona benioff, diperkirakan kejadian gempa bumi tersebut bersumber dari aktivitas zona subduksi”.

Kasbani mengatakan, zona benioff itu areal subduksi lempeng benua di kerak bumi di dasar laut “daerah ini lokasi lempeng hindia australia menujam di bawah pulau jawa, sumber gempanya ada di titik ini, di kedalaman ini terjadi pergerakan” Kata Dia.

Pusat gempa itu berada di zona subduksi di bawah laut jawa, BMKG melansir kekuatan gempat itu mencapai 6,5 skala richter pada kedalaman 654 kilomter berjaka 120 kilomter timur laut kota subang.

Menurut kasbani. kekuatan gempa yang relatif kuat, kendati sumbernya relatif dalam juga, dan goncangannya akan terasa luas diantarannya di bengkulu, batang jakarta serta bandung “di kantor kami terasa goncanganya lumayan” Kata Dia.

Baca Juga :  DJAROT LARANG BURU TIKUS MENGUNAKAN RACUN

Kasbani mengatakan kekuatan goncangan itu akan terasa berbeda di wilayah bandung misalnya, goncangannya belum tentu terasa di daerah utaranya yang geografisnya berupa pegunungan “tidak semua daerah akan merasakan goncangannya, tergantung jenis batuan yang ada di tempat itu kalau jenis batuannya yang tidak terkonsolidasi, akan lebih terasa dari pada daerah-daerah yang tanahnya lebih padat” Ucap Dia.

Menurut kasbani, tsunmai bisa terjadi dengan sejumlah syarat. pertama sumber gempa berada di laut, kekutan guncangannya besar di atas 6 skala richter, sumber gempanya dangkal dan terakhir bergantung pada mekanisme gempa yang terjadi “apakah sesar naik atau turun, kalau turun biasanya akan diikuti dengan tsunami” Kata Dia.

Gempa subang terjadi rabu hari dan menerima laporan terjadinya kerusakan akibat gempa tersebut BMKG mencatat gempa itu terasa di jakarta, pacitan serta bantul dengan skala II-III MMI gempa dalam itu tidak menimbulkan deformasi di dasar laut.

Bantu Share Nya Berita Terkini.






Comments are Closed