Main Menu

Jimly Ashiddiqie Minta KPU Segera Cari Pengganti Husni Kamil

Jimly Ashiddiqie Minta KPU Segera Cari Pengganti Husni Kamil

Beritaterkini.orgBerita Terkini, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Husni kamil Manik sudah dimakamkan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta, Jumat (8/7). Husni meninggal usai sempat dirawat intensif di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta, Kamis (7/7).

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Ashiddiqie meminta komisioner KPU segera melakukan rapat pleno untuk memilih Ketua KPU, pengganti Husni. Mengingat Pilkada 2017 mendatang bakal berlangsung dalam waktu dekat.

“Ya segera, Saya syaratkan segera, lantaran kita tidak boleh menunggu persiapan itu (Pilkada). Telah tinggal beberapa bulan lagi, ya kan? Sekarang pun sosiaslisasi terus dilakukan. Saya pikir mereka bakal segera memikirkan yang terbaik,”ucap Jimly di lokasi pemakaman, Jakarta, Jumat (8/7).

Jimly mengigatkan, mekanisme dan proses pergantian Ketua pimpinan KPu harus sesuai dengan peraturan yang sudah ditetapkan Undang-Undang (UU). Pemilihan Ketua bakal dilakukan dengan cara penunjukan langsung di rapat pleno internal komisioner KPU.

“Jadi Ketua KPU bakal dipilih dari 6 orang komisioner yang ada. Jadi merekalah yang bakal menentukan siapa yang jadi ketua,”ucap Jimly.

Sedangkan itu, mengenai penambahan jumlah komisioner KPU supaya tetap menjadi tujuh orang, komisioner harus melakukan pemilihan dari calon yagn masuk dalam daftar calon cadangan.

“yang kemarin fit and proper test kan ada 14 orang, yang terpilih 7 orang. Sehingga sisanya, nomor 8 hingga 14 masuk di dalam calon cadangan. Nanti pleno KPU yang bakal menentukan, siapa diantara mereka yang bakal memenuhi syarat. Kalau tidak ada lagi mekanisme fit and proper test lantaran itu telah selesai,”terangnya.

Bantu Share Nya Berita Terkini.






Comments are Closed