Main Menu

Mudik Lebaran Dengan keluarga, Jangan Lupa Cek Trasmisi Matik

Mudik Lebaran Dengan keluarga, Jangan Lupa Cek Trasmisi Matik

Berita Otomotif – Berita Otomotif,Seperti bebrapa th. terdahulu, mudik Lebaran th. ini diperkirakan bakal dipadati mobil pribadi. Dari demikian banyak pemudik itu, pasti banyak pemakai mobil bertransmisi automatis.

Ada banyak hal spesial yang perlu di perhatikan pemakai mobil matik, di banding pemakai kendaraan lain. Hal semacam ini terkait dengan kemampuan kendaraan itu, terlebih rute yang perlu dilewati relatif susah.

Hermas Efendi Prabowo, teknisi pakar transmisi mobil matik sekalian pengelola worner AUTOMATIC yang ada di Bintaro, Tangerang Selatan, memaparkan sekurang-kurangnya ada banyak hal yang butuh di perhatikan.

Panduan ini dapat Anda kerjakan sebelumnya mudik. Anda dapat mengecheck semua di minggu ketiga seperti saat ini, serta beli apa yang butuh. Untuk diingat, makin dekat saat Lebaran, peluang bakal makin susah mencari sparepart yang diperlukan.

Apa sajakah beberapa tips itu? Tersebut penjelasannya :

Periksa tekanan ban

Ban mesti sesuai sama spesifikasi yang ditetapkan pabrikan. Menurut Hermas, desakan ban yang kurang bisa mengganggu laju mobil, dan memberi berat beban kerja transmisi kendaraan itu.

” Kerja lebih keras transmisi matik dalam perjalanan mudik Lebaran bakal begitu berisiko untuk ketahanan transmisi matik serta mobil matik Anda. Juga berisiko untuk keselamatan jiwa, ” katanya.

Check volume oli matik

Sama juga dengan poin pertama, cocokkan oli dengan standard. Volume oli matik yang kurang dari spesifikasi dapat menyebabkan permasalahan, demikian halnya bila berlebihan. Kemampuan transmisi matik bakal terganggu, laju mobil akan tidak normal.

Bila belum tahu tahu langkah memeriksanya, periksakan ke bengkel spesial matik atau ke bengkel resmi. Pasti yang harus di check juga keadaan oli mesin.

Periksa transmisi matik serta mesin dari kebocoran

Hermas menyampaikan, pada intinya kebocoran oli matik dapat dideteksi dengan gampang. Yakni ada oli yang berwarna merah gelap, merah cerah, atau merah kekuningan.

Kebocoran oli sendiri salah satunya datang dari seal pompa oli, seal transmisi yang tersambung dengan as roda, seal sensor-sensor, selang pendingin oli transmisi, celah gasket antar blok transmisi, bak penampung oli atau baut penguras oli.

Yakinkan selang pendingin oli masihlah bagus

Lalu, yakinkan juga selang pendingin oli transmisi masihlah bagus, tak getas, serta masihlah terikat kuat. Pasalnya, banyak masalah dimana lantaran suhu yang tinggi, selang pendingin ini malah pecah.

Kebocoran pada komponen ini bisa di pastikan bakal mengakibatkan kerusakan transmisi mobil. Mobil berumur diatas lima th. juga umumnya selang pendinginnya sudah getas dengan sendirinya lantaran aspek umur.

Apakah kemampuan mesin masihlah baik?

Banyak hal yang perlu di perhatikan pada komponen ini yaitu system pendingin. Yakinkan tak ada kebocoran, retak, karat, atau getas. Bila tak, janganlah sangsi untuk menggantinya ditempat yang pas.

Hermas juga mengingatkan supaya kombinasi bahan bakar janganlah sangat kurus atau lean. Pasalnya, kombinasi seperti ini bikin mesin gampang panas.

Periksa tegangan aki

Mengecek tegangan aki baiknya pada pagi hari. Apabila tegangan minimal 12, 6 Volt waktu pagi hari sebelumnya mesin dinyalakan, daya taruh aki masihlah bagus. Bila kurang dari itu, jadi baiknya selekasnya ditukar.

Hal semacam ini begitu utama, sebab mobil matik saat ini dikendalikan oleh ECU (Electronic Control Unit) serta TCU (Transmission Control Unit). Aki yang lemah bisa mengganggu kemampuan kendaraan keseluruhannya.

Lihat jarak tempuh

Apakah jarak tempuh mobil telah diatas 50 ribu km serta Anda belum ganti oli matik? Bila ya, jadi cepatlah ubah untuk hindari beberapa hal yg tidak dikehendaki.

Kwalitas oli yang jelek bisa ganti kemampuan mobil matik. Lebih parahnya, hal semacam ini dapat memperpendek umur gunakan transmisi.

Bantu Share Nya Berita Otomotif






Comments are Closed