Main Menu

Tips Menyimpan Buah Dan Sayur yang Benar

Tips Menyimpan Buah Dan Sayur yang Benar

Berita Kesehatan – Berita Kesehatan, Kalian yakin telah menyimpan sayuran dan buah dengan benar? Sebab menyimpan kedua makanan tertentu secara bersamaan dapat mengakibatkan pembusukan lebih cepat.

Seperti dikabarkan the Sun,website Supermarket online, Sainsbury mencatat, sayuran dan buah tertentu menghasilkan gas etilen selama proses pematangan. Akan tetapi proses ini dapat juga merusak periode simpan makanan segar lainnya apabila diletakkan berdekatan. Sainsbury pun menyusun tabel yang memperlihatkan tempat penyimpanan sayuran dan buah untuk menjaga kesegarannya.

Juru bicara Sainsbury, Paul Crewe menyontohkan, kentang dengan bawang umpamanya tidak dapat disimpan berdekatan dikarenakan bakal mengakibatkan keduanya cepat busuk. Dan jangan menyimpan pisang dengan buah lain.

” Apel dan semangka merupakan musuh. Sedangkan pisang tidak dapat disatukan dengan buah lain dan mesti disimpan sendiri, ” ujarnya.

Crewe menyatakan, apel, pir, aprikot, pisang, kiwi, mangga, buah persik dan plum semua menghasilkan etilen saat matang. Gas ini menghasilkan perubahan tekstur, pelunakan dan warna.

” Kentang dan ubi jalar mesti disimpan di tempat yang dingin dan gelap jauh dari buah-buahan lain untuk mencegah tumbuhnya tunas. Sedangkan produk lainnya begitu sensitif terhadap etilen termasuk asparagus, brokoli, wortel, selada dan kacang hijau, ” pungkasnya.

Akan tetapi, ceri dan blueberry tidak menghasilkan banyak gas etilen jadi buah ini tidak akan mempengaruhi pematangan makanan lain. Sedangkan wortel, bit, lobak dan anggur sebaiknya disimpan di lemari es.

” Penyimpanan sayuran dan buah dengan baik dapat menghemat hingga Rp 1, 8 juta setahun, ” tutur Crewe.

Bantu Share Nya Berita Kesehatan






Comments are Closed